-->

Recent Posts

Motivasi Menulis

Sistem Keamanan Jaringan



Network Security atau Keamanan Jaringan adalah suatu cara yang dilakukan untuk memberikan proteksi atau pengamanan pada sebuah jaringan agar terhindar dari ancaman luar yang mampu merusak jaringan. tujuan dibuatnya keamanan jaringan ini adalah untuk mengantisipasi bentuk ancaman baik dari sisi fisik maupun logik yang dapat mengganggu aktivitas jaringan yang sedang berlangsung, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Yang pelu diingat adalah tidak ada jaringan yang anti sadap, karena sifatnya jaringan adalah untuk melakukan komunikasi, dan memungkinkan komunikasi yang kita lakukan jatuh kepada orang lain dan mungkin dapat disalahgunakan. Untuk itu dangatlah diperlukan suatu pengamanan jaringan.

Dengan banyak ancaman yang terjadi maka kita perlu membuat keamanan jaringan. Salah satu hal yang dapa kita lakukan adalah dengan menggunakan soft security (software security) dan hard security (hardware security). Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang soft security. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan antara lain:

1. Firewall (Dinding) 
Adalah Sistem keamanan untuk mengelola dan memantau trafik masuk dan keluar berdasarkan aturan keamanan (security rules) yang sudah ditentukan. Firewall berfungsi mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau ke dalam jaringan atau server.

Selengkapnya dapat dilihat disini.

2. IDS (Intrusion Detection System)/Satpam
Adalah sebuah metode yang dapat digunakan untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan dalam sebuah sistem atau jaringan. IDS dapat melakukan inspeksi terhadap lalu lintas inbound dan outbound dalam sebuah sistem atau jaringan, melakukan analisis dan mencari bukti dari percobaan intrusi (penyusupan).

Selengkapnya dapat dilihat disini.

3. Key (kunci)


4. ACL (Access Control List, waktu dan siapa yang mengakses)


5. Anti Virus



















Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Keamanan_jaringan
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_deteksi_intrusi

Labels: Kelas XI

Thanks for reading Sistem Keamanan Jaringan. Please share...!

0 Komentar untuk "Sistem Keamanan Jaringan"

Back To Top