Assalamuallaikum,
Perkenalkan gays, namaku Rokhmat, dalam web saya ini saya ingin mencoba berbagi
ilmu yang pernah saya pelajari untuk persiapan PPPK, semoga kita semua
dimudahkan dalam segalau rusan. Maaf jikalau nanti penjelasan dari saya kurang
pas, atau membingungkan, bisa kalian koreksi pada di kolom komentar. Biar tidak
terlalu lama langsung saja, GAS.
Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang pedagogik, g
usah banyak2 dlu, yang penting paham, kita mencoba paham bersama.
BACA JUGA :
PEDAGOGIK 2
1. Lima hal yang perlu
diperhatikan guru dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan peserta
didik yaitu ....
A. Respect,
emphaty, audible, seriousness, dan preparedness
B. Respect, emphaty, audible, clarity, dan humble
C. Respect, sympaty, audible, clarity, dan humble
D. Respect, emphaty, audible, clarity, dan preparedness
Penjelasan :
Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan siswa :
1)Respect, sikap menghargai setiap individu yang menjadi sasaran pesan yang kita sampaikan.
2)Emphaty, kemampuan menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang dihadapi orang lain.
3)Audible, dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik, berarti pesan yang kita sampaikan bisa diterima dengan baik oleh penerima pesan
4)Clarity, kejelasan dari pesan itu sendiri sehingga tidak menimbulkan multi interpretasi atau berbagai penafsiran yang berlainan. Clarity dapat pula berarti keterbukaan dan transparansi.
5)Humble, sikap rendah hati, tidak merasa lebih baik dari yang lain, menghargai orang lain, mau mendengar, menerima kritik, tidak sombong, dan tidak memandang rendah orang lain.
2. Indikator keterampilan
komunikasi melalui presentasi hasil kerja ilmiah yang dilakukan oleh siswa
dapat diukur melalui aspek-aspek di bawah ini, yaitu …
A. Siswa mengungkapkan data yang diperoleh dari pengamatan
B. Siswa
mengumpulkan bukti-bukti hasil pengamatannya
C. Siswa
bekerja sama mendiskusikan temuan di lapangan
D. Siswa
melakukan praktikum percobaan di kelompok
Pembahasan :
Siswa mengungkapkan data yang diperoleh dari pengamatan (Komunikasi dalam presesntasi)
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran yang akan dilakukan bersama-sama di suatu kelas, disampaikan oleh guru pada kegiatan …
A. Kegiatan pendahuluan
B. Kegiatan
inti pembelajaran
C. Kegiatan
penutup
D. Kegiatan
apersepsi
Penjelasan :
Kegiatan
pendahuluan terdiri dari :
- Pengkondisian
fisik & mental
- Tujuan
pembelajran
- Apersepsi
- Motivasi
- Metode pembelajaran dan penilaian
4. Salah satu faktor
penunjang keberhasilan komunikasi yang efektif adalah faktor etos (nilai-nilai)
pada diri komunikator. Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat
membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran?
A. Daya
tarik dan kecerdasan
B. Emosi dan
intelektual
C. Kepercayaan dan daya tarik
D. Kepercayaan
dan latar belakang budaya
Faktor
Penunjang Komunikasi Efektif
- Faktor
Komunikator (Guru) : Etos : Kepercayaan
(kredibilitas) , daya Tarik (attraksi)
- Faktor Komunikan (siswa): kebutuhan
siswa, kecakapan yang dimiliki siswa, pengalaman-pengalaman belajar dan
pengalaman di luar kelas, kemampuan berpikir siswa, dan kesulitan-kesulitan
yang dihadapi siswa.
- Faktor Pesan (Muatan Pelajaran): Pesan
dibangun oleh dua faktor, yaitu isi pesan (the content of messasge) dan bahasa
(symbol)
5. Pertanyaan yang
bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga
perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat ….
A. Pendahuluan
B. Kegiatan
inti
C. Penutup
D. Refleksi
Pendahuluan Mendorong minat dan motivasi siswa untuk berparsipasi aktif dalam
pembelajaran
Kegiatan Inti
- Menemukan kemungkinan-kemungkinan baru dalam menggali
permasalahan, meransang siswa mencari bahan untuk data, mengembangkan dan
membangun konsep diri siswa secara individu
- Membantu siswa mengembangkan cara belajar melalui penemuan diri
dan bukan menguji sejauh mana siswa telah menghafal pelajaran yang telah
diberikan
Penutup
- Mengevaluasi persiapan siswa dan mengecek pemahaman siswa
terhadap suatu tugas, mendiagnosis kekuatan dan kelemahan siswa;
- Mereviu apa yang telah diajarkan;
kalo ada permintaan pembahasan bisa tuliskan di kolom komentar.
BACA JUGA :
Thanks for reading SOAL PEDAGOGIK 2. Please share...!
0 Komentar untuk "SOAL PEDAGOGIK 2"