-->

Recent Posts

Motivasi Menulis

SOAL PEDAGOGIK 2

Assalamuallaikum, Perkenalkan gays, namaku Rokhmat, dalam web saya ini saya ingin mencoba berbagi ilmu yang pernah saya pelajari untuk persiapan PPPK, semoga kita semua dimudahkan dalam segalau rusan. Maaf jikalau nanti penjelasan dari saya kurang pas, atau membingungkan, bisa kalian koreksi pada di kolom komentar. Biar tidak terlalu lama langsung saja, GAS.

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang pedagogik, g usah banyak2 dlu, yang penting paham, kita mencoba paham bersama.

BACA JUGA :

SOAL PEDAGOGIK 1


PEDAGOGIK 2


1.   Lima hal yang perlu diperhatikan guru dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan peserta didik yaitu ....

A. Respect, emphaty, audible, seriousness, dan preparedness

B. Respect, emphaty, audible, clarity, dan humble

C. Respect, sympaty, audible, clarity, dan humble

D. Respect, emphaty, audible, clarity, dan preparedness

Penjelasan :

Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan siswa :

1)Respect, sikap menghargai setiap individu yang menjadi sasaran pesan yang kita sampaikan.

2)Emphaty, kemampuan menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang dihadapi orang lain.

3)Audible, dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik, berarti pesan yang kita sampaikan bisa diterima dengan baik oleh penerima pesan

4)Clarity, kejelasan dari pesan itu sendiri sehingga tidak menimbulkan multi interpretasi atau berbagai penafsiran yang berlainan. Clarity dapat pula berarti keterbukaan dan transparansi.

5)Humble, sikap rendah hati, tidak merasa lebih baik dari yang lain, menghargai orang lain, mau mendengar, menerima kritik, tidak sombong, dan tidak memandang rendah orang lain.  


2.   Indikator keterampilan komunikasi melalui presentasi hasil kerja ilmiah yang dilakukan oleh siswa dapat diukur melalui aspek-aspek di bawah ini, yaitu …

A. Siswa mengungkapkan data yang diperoleh dari pengamatan

B. Siswa mengumpulkan bukti-bukti hasil pengamatannya

C. Siswa bekerja sama mendiskusikan temuan di lapangan

D. Siswa melakukan praktikum percobaan di kelompok

 

Pembahasan :

Siswa mengungkapkan data yang diperoleh dari pengamatan (Komunikasi dalam presesntasi)


3.   Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran yang akan dilakukan bersama-sama di suatu kelas, disampaikan oleh guru pada kegiatan …

A. Kegiatan pendahuluan

B. Kegiatan inti pembelajaran

C. Kegiatan penutup

D. Kegiatan apersepsi

 

Penjelasan :

Kegiatan pendahuluan terdiri dari :

- Pengkondisian fisik & mental

- Tujuan pembelajran

- Apersepsi

- Motivasi

- Metode pembelajaran dan penilaian 


4.   Salah satu faktor penunjang keberhasilan komunikasi yang efektif adalah faktor etos (nilai-nilai) pada diri komunikator. Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran?

A. Daya tarik dan kecerdasan

B. Emosi dan intelektual

C. Kepercayaan dan daya tarik

D. Kepercayaan dan latar belakang budaya

 Penjelasan :

Faktor Penunjang Komunikasi Efektif

- Faktor Komunikator (Guru) : Etos : Kepercayaan (kredibilitas) , daya Tarik (attraksi)
- Faktor Komunikan (siswa): kebutuhan siswa, kecakapan yang dimiliki siswa, pengalaman-pengalaman belajar dan pengalaman di luar kelas, kemampuan berpikir siswa, dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa.
- Faktor Pesan (Muatan Pelajaran): Pesan dibangun oleh dua faktor, yaitu isi pesan (the content of messasge) dan bahasa (symbol) 



5.  Pertanyaan yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat ….

A. Pendahuluan

B. Kegiatan inti

C. Penutup

D. Refleksi

 Penjelasan :

Pendahuluan Mendorong minat dan motivasi siswa untuk berparsipasi aktif dalam pembelajaran

Kegiatan Inti

- Menemukan kemungkinan-kemungkinan baru dalam menggali permasalahan, meransang siswa mencari bahan untuk data, mengembangkan dan membangun konsep diri siswa secara individu

- Membantu siswa mengembangkan cara belajar melalui penemuan diri dan bukan menguji sejauh mana siswa telah menghafal pelajaran yang telah diberikan

Penutup

- Mengevaluasi persiapan siswa dan mengecek pemahaman siswa terhadap suatu tugas, mendiagnosis kekuatan dan kelemahan siswa;

- Mereviu apa yang telah diajarkan;



Terimakasih, semoga ilmu yang sedikit ini bisa bermanfaat, sedikit-sedikit saja, tetapi kalo rutin pasti akan bisa.
kalo ada permintaan pembahasan bisa tuliskan di kolom komentar.

BACA JUGA :

SOAL PEDAGOGIK 1

Labels: PEDAGOGIK

Thanks for reading SOAL PEDAGOGIK 2. Please share...!

0 Komentar untuk "SOAL PEDAGOGIK 2"

Back To Top